Catching Fire

Kamis, 31 Januari 2013

Agenda Timnas di Pra Piala Asia

Tim nasional Indonesia tergabung di Grup C Kualifikasi Piala Asia 2015 bersama negara-negara papan atas sepak bola Asia, seperti Irak, Arab Saudi, dan Cina. Untuk dapat berlaga di Australia, tim asuhan Nil Maizar harus berada di dua peringkat teratas klasemen akhir, atau menjadi negara dengan peringkat ketiga terbaik dari seluruh grup.

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia optimistis timnas bisa menghindari posisi juru kunci dengan mencuri poin dari Cina dan Arab Saudi. Otomatis, Indonesia pun berpeluang lolos sebagai peringkat ketiga terbaik. Jika mampu lolos ke kejuaraan sepak bola terakbar antarnegara Asia itu, Indonesia mampu menebus kegagalan lolos ke Piala Asia 2011 lalu.

Perjuangan timnas untuk lolos ke Sydney, Melbourne, Canberra, dan Brisbane dimulai pada 6 Februari 2013 saat bertandang ke Irak. Lalu, pada pertengahan Maret, timnas akan bermain di Tanah Air saat menjamu Arab Saudi. Pada 15 Oktober, timnas akan menjamu Cina, dan sebulan kemudian bertandang ke Negeri Tirai Bambu (Cina). Kemudian pada 19 November, timnas menjamu Irak dan bertandang ke Arab Saudi pada 5 Maret 2014.

Peluang lolos ke Piala Asia itu pun diakui kepala pelatih timnas, Nil Maizar, sangat berat karena harus berhadapan dengan tim yang berkualitas lebih baik dibanding timnas. "Kita harus memperbaiki diri dan berbenah karena lawan-lawan kita kan bagus dan pernah lolos ke Piala Dunia," kata Nil Maizar seusai latihan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Rabu, 10 Oktober 2012.

Beratnya perjuangan timnas di kualifikasi juga diakui pemain belakang, Handi Ramdhan. "Pasti sangat berat bagi Indonesia," kata pemain yang musim lalu membela Persija Liga Prima Indonesia itu. "Tapi saya rasa kita bisa mencuri poin saat melawan Cina atau juga Irak, meski berat."

Berikut ini jadwal timnas di Kualifikasi Piala Asia 2015
6 Februari 2013: Irak - Indonesia
22 Maret 2013: Indonesia - Arab Saudi
15 Oktober 2013: Indonesia - Cina
15 November 2013: Cina - Indonesia
19 November 2013: Indonesia - Irak
5 Maret 2014: Arab Saudi - Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar