Catching Fire

Selasa, 22 Januari 2013

Cara Mudah Artikel Terbaca Mesin Pencari

Dulu awal mula saya membuat blog saya memiliki beberapa kendala, salah satu proses pengindekan mesin pencari yang terbilang kurang cepat. Alhasil artikel saya pun kurang cepat sampai ketangan pembaca, belum lagi jika artikelnya dicopas tanpa mencatumkan sumber artikel, bisa-bisa artikel saya yang dikirain duplikat sama mesin pencari (kasihan deh).
Alhamdulillah dua bulan yang lalu saya  diberi tips oleh temen saya untuk mempercepat proses index artikel. Dan terbukti artikel saya terindex lebih cepat oleh mesin pencari, (terima kasih buat temen saya karena udah berbagi tips dengan saya…ha..ha).
Berikut tipsnya
1.       Submit ke mesin pencari
Gak lucukan jika submit blog aja belum sudah berharap ingin cepat terindex mesin pencari. Mesin pencari memang memiliki robot yang dapat merayapi setiap isi blog kita, tetapi itupun membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Untuk itu sesegeralah mungkin mengsubmit blog anda ke mesin pencari setelah pembuatan blog selesai.
2.       Submit artikel ke sosial bookmark
Sosial bookmark ini memang memiliki banyak fungsi selain menarik pengunjung dan mendapat backlink artikel blog yang telah tersubmit ke sosial bookmark, akan lebih cepat terindex mesin pencari. Sebaiknya jika blog anda masih baru submitlah artikel setelah melakukan update osting
3.       Update artikel setiap hari
Dalam pengupdate artikel tak perlu banyak-banyak cukup 1 atau artikel saja setiap harinya, selain mencerminkan blog anda hidup, artikel tersebut  akan lebih cepat terindex mesin pencari. Karena mesin pencari sangat menyukai blog terus update setiap hari.
4.       Simpan artikel anda sebagai konsep
Maksud dari simpan artikel sebagai konsep diatas adalah menyimpan artikel pada saat posting sebelum melakukan penerbitan (atau istilahnya did raff). Karena saat artikel tersimpan dalam blog anda spider google sudah merayapi artikel tersebut tetapi belum dapat melakukan pengindekan, sehingga saat artikel tersebut tayang google tinggal melakukan pengindekan tanpa harus merayapinya terlebih dahulu. Tambahan simpan artikel paling tidak selama 24 jam
5.       Terbitkan artikel saat jam sepi
Saya tidak tahu mengapa harus menerbitkan artikel saat jam sepi internet (karena tips ini saya dapat dari temen saya). Mungkin karena saat jam itu pengguna internet belum terlalu banyak sehingga kerjaan paman google pun tidak terlalu banyak. Untuk itu lakukan penerbitan artikel yang telah tersimpan tadi ( tips no.4) pada sekitar pukul 4 pagi sampai jam 7 pagi, sehingga saat jam-jam sibuk artikel kita telah terindex oleh mesin pencari. Alhasil pengunjung pun datang berbondong-bondong
6.        Tingkatkan pagerank blog anda
Saya pernah membaca disalah satu blog pagerank ternyata juga mempengaruhi kecepatan index blog kita.  Jika pagerank blog tinggi maka semakin dipandang lebih oleh mesin pencari . Untuk itu selalu tingkatkan pagerank blog anda
7.       Pilih template yang simple
Sebaiknya dalam pemilihan template pilihlah yang simple, karena mesin pencari akan lebih mudah melakukan crawl ke blog anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar