Catching Fire

Minggu, 08 Februari 2015

Sejarah Olahraga Motocross

Olahraga ekstrim motocross saat ini mewabah di Indonesia dengan banyaknya komunitas yang memiliki aktivitas ekstrim rutin ini. menunggang motor di jalan tanah lalu melompat-lompat memang mengasyikkan dan mampu memacu adrenalin. Sekali nyoba pasti langsung ketagihan sampai-sampai jatuh kadang tak terasa karena saat olahraga motocross mulai mengadiksi. Buat para penggemar motocross kira-kira pada tahu nggak nih sejarah tentang olahraga ekstrim yang satu ini? penasaran kan? Yuk kita simak sejarah awal mula olahraga ekstrim motocross hingga saat ini.
Motocross mulai muncul pada tahun 1860 dengan sepeda motor sederhana bermesin uap. Inovasi ini diciptakan oleh ilmuwan asal Inggris bernama Pierre Michaux. Pada awal 1900-an mulai banyak penggemar olahraga ekstrim ini. sampai tahun 1920-an balap motor ini terus berkembang menjadi kompetisi yang dikenal dengan sebutan “Motocross” yang diadakan di Camberley, Inggris. Saat itu kompetisi ini bernama British Off-Road. Tahun 1960-an mesin sepeda motor 2 stroke mulai muncul dan pada 1970-an kompetisi olahraga ekstrim ini berkompetisi di sebuah arena balap.
Sejarah Olahraga Ektrim Motocross
Berbagai perusahaan motor Eropa seperti Swedia, Cekoslovakia, dan Inggris saling bersaing untuk menciptakan motor yang ringan saat melakukan manuver. Pada akhir 1960 industri motor Jepang memproduksi sepeda motor berkualitas tinggi. Perusahaan Suzuki berhasil masuk dalam kejuaran dunia Motocross untuk level 250 cc tahun 1972 di Los Angeles Coliseum.
Sejarah Olahraga Ektrim Motocross
Tahun 1990 kebijakan terhadap produksi sepeda motor empat stroke diberlakukan agar mematuhi standar ramah lingkungan. Sampai saat ini motocross terus berkembang dengan bentuk baru dan kompetisinya diadakan di sebuah arena motocross internasional yang bagus seperti Supercross dan Motocross Freestyle Arenacross.
Sejarah Olahraga Ektrim Motocross
Itulah tadi sejarah olahraga ekstrim motocross yang ingin saya bagikan. Sejarah motocross dalam bentuk visual (infografik) bisa Anda lihat dibawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar