Pertemuan : 1
Pokok Bahasan dan Tujuan :
PENDAHULUAN
¨ Agar mahasiswa mengetahui apa itu 4GL, bahasa
prosedural dan non prosedural dan beda 4GL dengan bahasa lainnya serta
kelebihan 4GL
KARAKTER,
PROPERTI DAN KOMPONEN
¨ Agar
mahasiswa mengetahui kriteria, properti dan komponen 4GL, sehingga mahasiswa
dapat mengetahui software-software 4GL.
PENDAHULUAN
§ Perkembangan bahasa untuk komputasi komersial berjalan lambat.
§ Banyak bahasa dan piranti baru untuk menghasilkan peningkatan
produktifitas DP, diantaranya:
-
Bahasa Generasi keempat.
-
Bahasa Produktifitas tinggi.
-
Bahasa Non Prosedural.
-
Pembuatan Aplikasi.
§ Dengan bahasa generasi keempat, kemampuan komputer dapat diakses
bagi semua orang, tanpa melakukan banyak pelatihan.
§ Gaya bahasa:
-
Memiliki kemampuan yang handal
dan ringkas.
-
Memiliki grafis yang bagus.
-
Cocok untuk pemakai terakhir
dengan sedikit latihan.
§ Revolusi komputer
Proses Instruksi lebih cepat dan
mudah, karena:
1.
Komputer meningkat dalam hal
kuantitas dan kecepatannya.
2.
Penyebaran komputer, tidak
hanya DP menggunakan komputer.
Aplikasi akan secara meningkat dibuat oleh:
-
Pemakai terakhir
-
Konsultan bisnis
-
System Analyst
System analyst memerlukan bahasa komputer yang handal. Dapat membuat
aplikasi sendiri dengan cepat dan konsentrasi utama pada bisnis/aplikasi bukan
pada coding.
Generasi
Bahasa
I.
Bahasa Mesin
II. Bahasa Assembly
III. Bahasa Tingkat
Tinggi(Fortran, Cobol)
-
Programmer dapat memberikan
code program dengan tanpa pengetahuan instruksi mesin dan register.
-
Memerlukan sejumlah besar baris
code untuk system komersial dan di design untuk DP Profesional.
IV. Bahasa Generasi Keempat (4GL)
Tujuan:
v untuk mempercepat proses pembuatan aplikasi.
v untuk mempermudah aplikasi dan mempercepat perubahan à mengurangi harga perawatan.
v meminimalkan problem debugging.
v membuat bahasa lebih dikenal.
§ 4GL bergantung basis data dan kamus data.
§ Bahasa generasi III:
-
bervariasi sintaxnya.
-
konstruksi sama pada umumnya.
§ Bahasa generasi IV, agak berbeda konstruksinya.
V. Bahasa Generasi Kelima –AI
-
memberikan code pengetahuan
yang kompleks sehingga suatu mesin mungkin dapat menggambarkan kesimpulan.
-
mengerjakan processor parallel
yang tinggi.
§ Bahasa Prosedural vs Bahasa Non Prosedural
-
Prosedural, “bagaiman” suatu
diselesaikan.
-
Bahasa Non Prosedural, “Apakah”
yang akan diselesaikan.
§ Hampir semua bahasa query, paket grafik untuk non prosedural.
§ Bahasa 4GL berkekuatan di query dan bahasa pemograman tingkat
tinggi.
§ Bahasa generasi III hampir dapat membuat semua aplikasi, 4GL hanya
untuk tugas tertentu saja.
§ Batasan Pilihan
Feature pada setting generasi
berbeda.
§ Dialog satu dimensional:
-
Komputer saling menukar
karakter stream dengan pemakai.
-
Tombol pemakai merupakan
perintah dan operasi pada komputer.
§ Dialog dua dimensional:
-
Pemakai merespon pada layar.
-
mengambil, memasukkan data/item
pada layar.
Prinsip Pokok
dalam design 4GL:
v Prinsip pekerjaan minimal
v Prinsip keterampilan minimal
v Prinsip pengindaran syntax dan mechanic asing
v Prinsip waktu kosong(delay)
v Prinsip usaha minimal (min error)
v Prinsip perawatan minimal ( costumize)
v Prinsip hasil maksimal
Ciri Bahasa
generasi keempat:
v Tidak perlu training lama pada DP
v Bahasa untu semua pemakai
v Bahasa query
v Pembuat aplikasi
v Mencakup bahasa procedural/ non prosedural
1950 1960 1970 1980 1990
1 mechine code
2 Assembler code
3 High Level
Language
4
Forth Gen Language
5
Knowledge Based
Systems
structured
Techniques
CAD Techniques
AI.Techniques
Language
Generation
Karakter
Pokok dari 4GL
Daftar kriteria pokok tersebut antara lain:
-
Apakah diperuntukan untuk
perhitungan rutin atau keputusan(pengambilan keputusan).
-
Apakah diperuntukan untuk
pemakai terakhir atau DP professional.
-
Apakah memerlukan ketrampilan
programmer atau tidak.
-
Keistimewaan yang ada:
1.
Simple queries.
2.
Simple queries & Update.
3.
Komplek queries.
4.
Komplek queries & Update.
5.
Kemampuan membuat basis data
secara cepat.
6.
Operasi intelligent basis data
-
Perubahan di satu sisi
menyebabkan terjadinya operasi lain secara otomatis.
7.
Generasi layar data entry untuk
operator key entry(dengan cek validasi).
8.
Generasi layar update.
9.
Bahasa prosedural yang
memberikan kemampuan pemograman penuh.
10.
Teknik grafis untuk design
aplikasi.
11.
Penyebaran manipulasi.
12.
Manipulasi multi dimensi
matrik.
13.
Pembuatan laporan.
14.
Pembuatan grafik.
15.
Manipulasi grafik.
16.
Keputusan dukungan untuk
pertanyaan what-if.
17.
Peralatan analisa matematika.
18.
Peralatan analisa keuangan.
19.
Peralatan pendukung lain
20.
Manipulasi teks
21.
Mailbox elektronik :
-
Apakah on-line/off-line
-
Apakah dijalankan untuk
mainframe, miniframe atau PC.
-
Dapatkah meng-access mainframe
atau remote basis data.
-
Apakah cukup mudah digunakan.
-
Dapatkah hasilnya diperoleh
dengan cepat.
Properti 4GL:
Untuk semua
bahasa dapat disebut generasi keempat harus mempunyai karakteristik sebagai
berikut:
1.
User-friendly.
2.
Programmer non-profesional
dapat memperoleh hasil.
3.
Menggunakan system manajemen
basis data secara langsung.
4.
Program untuk semua
aplikasidapat dibuat dengan satu perintah lebih sedikit daripada COBOL.
5.
Code non-prosedural digunakan,
jika mungkin.
6.
Akan membuat asumsi default
intelligent tentang yang diinginkan pemakai, jika mungkin.
7.
Disusun unutk operasi on-line.
8.
Memberi kekuatan dan semangat
code terstruktur.
9.
Mempermudah pemahaman dan perawatan
code oranglain.
10.
Pemakai non-DP dapat
mempelajarinya dengan cepat.
11.
Dirancang untuk debugging
dengan mudah.
12.
Prototype dapat dibuat dan
dimodifikasi dengan cepat.
13.
Hasilnya dapat diperoleh dengan
perintah magnitude waktu yang lebih cepat dari COBOL/PLI.
Tidak semua
bahasa yang memiliki property tersebut seluruhnya dan cocok untuk semua
aplikasi. Harus dipilih bahasa pemograman tertentu untuk aplikasi tertentu.
Gb.
Komponen 4GL untuk membuat aplikasi rutin
Komponen 4GL
4GL dengan
tujuan umum yang baik mempunyai komponen non-prosedural yang mungkin
disembunyikan pada fasilitas prosedural. Seperti pada gambar berikut:
-
Application parameter, meliputi
pemberian nama parameter, catalog, versi, pembuat dsb.
-
Data specification, penentuan
spesifikasi laporan berdasarkan data yang diambil.
-
Screen specification, penentuan
bentuk tampilan.
-
Dialog specification,
menentukan interaksi manusia dengan komputer.
-
Specification Of Rules,
aturan-aturan untuk penentuan keputusan. Biasanya dipisahkan dari badan
aplikasi.
Dalam kaitan
dengan data, laporan, generator layar, pembuat dialog dan penentu aturan adalah
fasilitas prosedur. Hal ini memungkinkan struktur program ditentukan oleh :
loops, kondisi, struktur kasus dan routime yang sarangkan.
Latihan :
Referensi :
1.
Suryadi H.S, Pengantar
Pemrograman Generasi ke 4, Gunadarma, Jakarta, 1995
Tidak ada komentar:
Posting Komentar