Catching Fire

Selasa, 05 Maret 2013

Penjelasan tentang Prolog


Prolog adalah bahasa pemrograman logika atau di sebut juga sebagai bahasa non-procedural. Namanya diambil dari bahasa Perancis programmation en logique (pemrograman logika). Bahasa ini diciptakan oleh Alain Colmerauer dan Robert Kowalski sekitar tahun 1972 dalam upaya untuk menciptakan suatu bahasa pemrograman yang memungkinkan pernyataan logika alih-alih rangkaian perintah untuk dijalankan komputer.
Berbeda dengan bahasa pemrograman yang lain, yang menggunakan algoritma konvensionl sebagai teknik pencariannya seperti pada Delphi, Pascal, BASIC, COBOL dan bahasa pemrograman yang sejenisnya, maka prolog menggunakan teknik pencarian yang di sebut heuristik (heutistic) dengan menggunakan pohon logika. Terdapat tiga jenis Prolog, yaitu:

1. Visual Prolog.
Berorientasi objek ekstensi diketik-kuat dari Prolog. Sebagai turbo prolog itu dipasarkan oleh Borland, tetapi sekarang dikembangkan dan dipasarkan oleh perusahaan Denmark Pusat Pengembangan Prolog (PDC) yang awalnya dikembangkan itu. Visual Prolog dapat membangun Microsoft Windows GUI-aplikasi, aplikasi konsol, DLL (dynamic link libraries).



2. Strawberry Prolog.
SWI Prolog merupakan open source implementasi bahasa pe mrograman Prolog, biasanya digunakan untuk pengajaran dan semantic web aplikasi. Ini memiliki seperangkat kaya fitur, perpustakaan untuk logika pemrograman kendala, multithreading, Unit testing, GUI, dll. SWI Prolog berjalan pada UNIX, Windows, dan Machintosh.

3. SWI Prolog.
Strawberry Prolog adalah dialek dari bahasa pemrograman Prolog. Sintaksnya sangat dekat dengan ISO-Prolog tapi itu memiliki banyak ekstensi yang bukan bagian dari standar. Gagasan utama dari Strawberry Prolog adalah sangat mudah digunakan dan itulah mengapa beberapa universitas menggunakannya untuk prolog kursus mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar