Jumat, 01 Februari 2013

7 Daratan Terendah Di Dunia

. Dead Sea (Laut Mati) - Asia


Laut Mati


Laut Mati ataupun seringkali disebut sebagai Laut Garam, yang juga merupakan batas barat Antara Israel dengan dengan Tepi Barat Palestina, dan berbatasan dengan Jordania di arah timur. Memiliki tinggi (elevasi) permukaan darat dan garis pantai 422 m (1,385 kaki) di bawah ketinggian air laut, hal ini menjadikannya sebagai dataran kering terendah di planet bumi.


2. Danau Assal - Afrika

Danau Assal


Danau ini terletak pada 153 m di bawah permukaan laut, dan otomatis menjadikan dirinya sebagai titik terendah di benua Afrika (Titik terendah di dunia adalah dead sea). Walaupun bukan titik terendah di dunia, Danau Assal merupakan daerah terasin di Dunia, dimana keasinan air danaunya mencapai 34,8% (Dead Sea hanya 30%), bahkan pada kedalaman 20 m kadar ke asinannya mencapai 39,8%.


Danau Assal merupakan danau vulkanik yang ditemukan di Djibouti, Ethiopia. Lokasinya berada di 509 kaki di bawah permukaan laut dari turunan Afar, dan menjadikan garis pantainya sebagai dataran terendah di Benua Afrika, dan kedua terendah di dunia setelah Laut Mati. Danau Assal diduga memiliki air terasin di bumi, karena memiliki 34.8% kadar garam, artinya lebih tinggi dari yang dikandung oleh Laut Mati, juga sepuluh kali lebih dari perairan laut lainnya.

3. Bukit Vestfold - Antartika

Bukit Vestfold


Bukit Vestfold yang terletak di Antartika berada pada 164 kaki di bawah permukaan laut. Namun, titik terendah di Antartika yang tidak ditutupi oleh perairan adalah palung subglasial Bentley yang berada pada 2.555 m (8.383 kaki) di bawah permukaan laut, walaupun ini ditutupi oleh lapisa es tebal.

 4. Lembah Kematian (Death Valley) - Amerika Utara

Lembah Kematian


Death Valley (Lembah Kematian) merupakan sebuah padang pasir yang terletak di bagian barat daya negara Amerika Serikat. Juga  berdekatan dengan Padang Mojave, merupakan dataran terendah, terkering, dan daerah terpanas. Memiliki perairan yang buruk, lebih jelasnya Death Valley ini berada pada 282 kaki di bawah permukaan laut, terendah di Amerika. Lokasinya hanya berjarak 76 mil dari Gunung Whitney, yang merupakan dataran tertinggi dengan ketinggian 14.505 kaki. Death Valley juga tercatat sebagai tempat dengan temperatur tertinggi di dunia, bahkan pada 13 Juli 1913 mencapai 134°F di  Sungai Furnace, hampir mendekati rekor yang pernah di catat oleh Libya 136°F pada 13 September 1922.

5. Laguna Del Carbon - Amerika Selatan

Laguna del Carbon


Laguna del Carbón (Danau Batu Bara) merupakan danau air asin yang berada di Turunan San Julian, Provinsi Santa Cruz, Argentina. Berada pada 344 kaki di bawah permukaan laut, terendah di antara belahan Barat dan Selatan, di antara ketujuh dataran terendah di bumi lainnya.

6. Laut Kaspia - Eropa

Laut Kaspia


Laut Kaspia merupakan lautan terluas yang permukaan airnya hampir meliputi seluruh bagian bumi, terkadang diklasifikasikan sebagai danau terluas di dunia, ataupun hanya sebagai laut. Orang-orang terdahulu menyebut Kaspia sebagai Samudera, mungkin hal ini dikarenakan oleh tingkat keasinan serta memiliki cakrawala tak terbatas. Perairan Kaspia memiliki tingkat keasinan (salinitas) yang mendekati 1,2 %, sepertiga dari perairan laut umumnya. Perairang Kaspia merupakan yang terluas di dunia, dan total keasinannya terhitung 40 hingga 44% di perairan dunia. Lautan Kaspia berada pada 942 kaki di bawah permukaan laut.

7. Danau Eyre

Danau Eyre


Danau Eyre (dibaca dalam bahasa Inggris,’air’) merupakan dataran terendah terendah yang berada di Australia, mendekati pada 15 m (49 kaki) di bawah permukaan laut, pada keadaan berair, Danau Eyre merupakan yang terluas di Australia. Merupakan titik fokus luas dari Danau Eyre Basinand, sekitar 700 km (435mil) sebelah utara Adelaide.

Sumber : http://www.uniknya.com/2011/11/28/5-dataran-terendah-di-bumi/ 1

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar