Catching Fire

Jumat, 22 Februari 2013

Manfaat Shalat Dhuha

 
Keutamaan Mengerjakan sholat Dhuha menurut masyarakat awam hanyalah agar diberikan kelancaran rejeki yang berlimpah dan dimudahkan dalam banyak hal atau dalam melakukan sesuatu.
Akan Tetapi tahukah Anda bahwa masih banyak keutamaan lain dari Sholat Dhuha?
Sebelumnya Baca Dulu Beberapa Riwayat Berikut ini.
Abu Dzar r.a. meriwayatkan bahwa Rasulullah Saw bersabda, “Setiap tulang dan persendian badan dari kamu ada sedekahnya; setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, setiap amar ma’ruf adalah sedekah, dan setiap nahi munkar adalah sedekah. Maka, yang dapat mencukupi hal itu hanyalah dua rakaat yang dilakukannya dari Shalat Dhuha.” (HR Ahmad, Muslim, dan Abu Dawud).
Abu Hurairah r.a. berkata, “Kekasihku, Muhammad Saw. Berwasiat kepadaku agar melakukan tiga hal: Berpuasa tiga hari pada setiap bulan(Hijriah, yaitu puasa putih atau Bidl, tanggal 13,14,15), dua rakaat shalat Dhuha, dan agar aku melakukan shalat Witir dulu sebelum tidur.” (HR Bukhari-Muslim).
Rasulullah Saw. bersabda: “Shalat Dhuha itu shalat orang yang kembali kepada Allah, setelah orang-orang mulai lupa dan sibuk bekerja, yaitu pada waktu anak-anak unta bangun karena panas tempat berbaringnya.” (HR Muslim)
Buraidah r.a. meriwayatkan bahwa Rasulullah Saw. bersabda, “Dalam tubuh manusia terdapat 360 persendian, dan ia wajib bersedekah untuk tiap persendiannya.” Para sahabat bertanya, “Siapa yang sanggup, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, “Ludah dalam masjid yang dipendamnya atau sesuatu yang disingkirkannya dari jalan. Jika ia tidak mampu,maka dua rakaat Dhuha sudah mencukupinya.” (HR Ahmad dan Abu Dawud).
Peregangan sungguh mutlak diperlukan, untuk kesiapan kita menyongsong hari penuh tantangan. Dan, Rasulullah Saw. menyinggungnya dengan ungkapan santun: “hak dari setiap persendian.” Semuanya cukup dengan dua rakaat dhuha.
Abu Darda r.a. meriwayatkan bahwa Nabi Saw. bersabda, Allah ‘azza wa jalla berfirman: “Wahai anak Adam kerjakanlah shalat empat rakaat kepada-Ku pada permulaan siang niscaya Aku akan member kecukupan kepadamu sampai akhir siang.” (HR at-Tirmidzi).
Nah Dari Riwayat Riwayat Diatas pastinya sudah dapat memetik beberapa makna kan sobat..
Beberapa Makna Sholat Dhuha.
  • Selalu Mengingat Allah
  • Limpahan Karunia Dan Kasih Sayang Allah
  • Sebagai Wujud Rasa Syukur
  • Sifat Tawakal
Manfaat Lainnya.
  • Sholat Dhuha merupakan sarana sedekah bagi anggota badan.
  • Sholat Dhuha membuat kita terampuni dari segala dosa-dosa di masa lalu. Selain melapangkan rezeki, keutamaan sholat dhuha yang lain, yaitu terampuninya segala dosa. Sebagai manusia biasa yang tentunya tidak luput dari kesalahan dan dosa. Disadari atau tidak, kita pasti pernah melakukan perbuatan dosa, baik dosa kecil maupun dosa besar. Maka dari dari itu, Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa menjalankan dan menjaga sholat Dhuha, maka dosa-dosanya akan terampuni meskipun sebanyak buih di lautan.” (HR Ibnu Majah). Hal tersebut senada dengan untaian hikmah hadis berikut, “Barang siapa menunaikan shalat Subuh, kemudian ia duduk dan tidak mengucapkan perkataan yang sia-sia, melainkan berzikir pada Allah SWT hingga menunaikan sholat Dhuha sebanyak empat rakaat, maka dosa-dosanya akan terhapus bersih seperti anak yang baru dilahirkan oleh ibunya, ia tidak punya dosa.” (HR Abu Ya’la).
  • Allah menjanjikan sebuah istana emas bagi orang yang istiqomah menjalankan sholat Dhuha. 
         Anda belum punya rumah di dunia ini? Hidup bersama kelurga masih berpindah pindah alias kontrak? Jangan galau dan bersedih hati karena Allah memberikan Anda rumah yang lebih mulia di surga yaitu rumah dari emas. Jika Anda merasa tidak mendapatkan kenikmatan di dunia ini. Ayo! laksanakan sholat Dhuha, karena Allah menjanjikan sesuatu yang lebih mulia kepada Rasulullah untuk disampikan kepada umatnya.
  • Janji Allah yang lain adalah mencukupkan kebutuhan orang yang senantiasa istiqomah menjalankan sholat Dhuha.
         Sudah saatnya kita mempercayai janji Allah tentang keutamaan sholat Dhuha, yakni kecukupan rejeki. Jadi, kalau kita mau kaya, kalau kita mau banyak rezeki dan tidak jatuh dalam kemiskinan, maka jalankan sholat Dhuha dengan istiqomah!
  • Ingin memiliki pahala yang setara dengan Ibadah haji dan Umrah? Maka jalankan sholat Dhuha dengan istiqomah.
         Sungguh dahsyat Ibadah yang satu ini meskipun sunnah tapi mendapat pahala setara ibadah haji dan umrah. Hal itu sesuai dengan untaian sabda Rasulullah SAW, “Barang siapa yang menjalankan shalat Subuh berjamaah kemudian duduk berzikir untuk Allah hingga matahari terbit, kemudian (dilanjutkan dengan) mengerjakan sholat Dhuha dua rakaat, maka baginya seperti pahala haji dan umrah, sepenuhnya, sepenuhnya, dan sepenuhnya.” (HR Tirmidzi).
  • Kenikmatan abadi yang kita peroleh adalah bebas masuk surga melalui pintu Dhuha.
         Surga memiliki banyak pintu, di antaranya adalah pintu ar-rayyan untuk orang yang berpuasa. Sedangkan untuk hamba yang senantiasa mendirikan sholat Dhuha dengan istiqomah maka akan dipangil oleh surga melalui pintu Dhuha. 
        Hal tersebut sesuai dengan untaian hikmah berikut : Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya di dalam surga terdapat pintu yang bernama adh-Dhuha, dan pada hari kiamat nanti akan terdengar panggilan, di manakah orang-orang yang melanggengkan sholat Dhuha, ini adalah pintu kalian masuklah kalian dengan rahmat Allah SWT.” (HR Thabrani).
Begitu dahsyatnya keutamaan sholat Dhuha yang dijanjikan oleh Allah SWT kepada orang-orang yang istiqomah. Lalu, apakah Anda tidak tergiur dengan seribu kenikmatan tersebut? 
Tidakkah Anda tergerak untuk segera melaksanakan sholat Dhuha? Dan, nikmat Tuhanmu yang mana lagikah yang kau dustakan? Ayo! jalankan sholat Dhuha!! Ajaklah Teman Teman Kamu Juga Untuk Melaksanakan Sholat Dhuha

Hargai Karya tulis orang lain dan lampirkan sumbernya!

Sumber Artikel ini dari: http://hermanbagus.blogspot.com/2012/09/manfaat-sholat-dhuha.html#ixzz2Ld1GxBGy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar