Catching Fire

Selasa, 29 Oktober 2013

Penjelasan Dan Design Pada System E-Budgeting

PENJELASAN DAN DESIGN PADA SYSTEM 
BUDGETING
 (Dasar-dasar Penyusunan Anggaran )

http://www.beritajakarta.com/images/foto/apbd_2014.jpg

Di Susun Oleh :
Andri Martin
Indra Wijaya   









1
·         Apa itu Budgeting ???

    Business Budget atau Budget (Anggaran) ialah suatu rencana yang disusun secara sistematis, yang meliputi seluruh kegiatan perusahaan (yang menimbulkan penerimaan/hak dan juga pengeluaran/kewajiban), yang dinyatakan dalam unit (kesatuan) moneter dan berlaku untuk jangka waktu / periode tertentu yang akan datang.
(Munandar, 1997)

·         Unsur-unsur Budgeting
                  • Rencana, penentuan terlebih dahulu ttg berbagai aktivitas yang akan dilakukan di waktu yang akan datang. Rencana tsb. memiliki spesifikasi2 tertentu, spt; disusun sec. sistematis, mencakup seluruh kegiatan perusahaan, dan dinyatakan dlm. satuan moneter/uang
                 • Meliputi selururuh kegiatan perusashaan :
§  Fungsi produksi
§  Fungsi pembelanjaan/keuangan
§  Fungsi administrasi
§  Fungsi pemasaran
§  Fungsi personalia
                 • Untuk waktu yang akan datang

Ø  Macam Budget (berdasarkan periode penyusunannya)
           Budget Taktis
– Budget Harian
– Budget Mingguan
– Budget Bulanan
           
2
             Budget Strategis
– Budget Tahunan
             – Atau Sesuai kebutuhan                  

Beberapa Alasan
Ø  Perlunya Rencana ÆBudgeting
• Sumber daya yang terbatas
• Waktu y.a.d. penuh dengan ketidakpastian
• Waktu y.s.d. penuh dengan berbagai alternatif
• Untuk Pedoman kerja
• Untuk koordinasi keseluruhan aktivitas
• Untuk pengawasan dan evaluasi

Ø  Beberapa faktor yang mempengaruhi jangka waktu berlakunya budget
• Luas pasar/pekerjaan
• Posisi perusahaan dalam persaingan
• Jenis produk yang dihasilkan (Elastis atau In-elastis)
• Tersediaanya data dan informasi
• Keadaan perekonomian





3
Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Penyusunan Budget
  Faktor-faktor Intern
Ø  Penjualan tahun-tahun yang lalu
Ø  Kebijaksanaan perusahaan yang berhubungan dengan masalah harga jual, syarat
Ø  pembayaran barang yang dijual, pemilihan saluran distribusi dan sebagainya
Ø  Kapasitas produksi yang dimiliki perusahaan
Ø  Tenaga kerja yang dimiliki perusahaan
Ø  Modal kerja perusahaan
Ø  Fasilitas-fasilitas perusahaan
Ø  Kebijaksanaan-kebijaksanaan perusahaan yang berkaitan dengan pelaksanaan
Ø  fungsi-fungsi perusahaan, baik di bidang pemasaran, produksi, pembelanjaan,
Ø  administrasi maupun personalia.

  Faktor-faktor Ekstern
Ø   Keadaan persaingan
Ø  Tingkat pertumbuhan penduduk
Ø  Tingkat penghasilan masyarakat
Ø   Tingkat pendidikan masyarakat
Ø  Tingkat penyebaran penduduk
Ø   Agama, adat istiadat dan kebiasaan-kebiasaan masyarakat
Ø  Berbagai kebijaksanaan pemerintah, baik di bidang politik, ekonomi, sosial, budaya maupun keamanan
Ø  Keadaan perekonomian nasional maupun internasional, kemajuan teknologi dan
sebagainya

  Proses Utama Penyusunan Budget
• Identifikasi kebutuhan
• Mengumpulkan data dan informasi
• Mengolah dan menganalisis data dan informasi
• Menyusun budget
4


IDENTIFIKASI KEBUTUHAN
  Karakteristik Hibah
Mengingat kerumitan dan skala permasalahan yang ada diperguruan tinggi, maka hibah ini ditujukan kepada Perguruan Tinggi Swasta.
• Unit pengusul: Perguruan Tinggi.
• Pelaksanaan program: Agustus sampai dengan Desember 2006.
• Dana dari Dikti: maksimum Rp. 390.000.000,-
• Unit pengusul tidak diharuskan menyediakan dana pendamping.


5
Contoh Rincian Aktivitas
Rincian Aktivitas Program Peningkatan Keluaran Institusi Pendidikan Activity 1 Isu strategis relavan: Relevancy Peningkatan Kompetensi dan Kemampuan Lulusan, Dengan Memberi Tekanan Pada Peningkatan Hard Skilldan Soft Skill
Sub Activity:
1.  Peningkatan penguasaan dan keterampilan lulusan dengan berbagai keilmuan dan
     teknologi informasi yang relevan dan terkini
2.  Peningkatan kemampuan berbahasa dan komunikasi lulusan
3.  Peningkatan ketrampilan kewirausahaan melalui revitalisasi incubator bisnis
4.  Peningkatan kreativitas dan inovasi mahasiswa di bidang penelitian dan
     pengabdian masyarakat '
5.  Pengembangan karir (career development)

Activity 2
Isu Strategis: Academic Atmosphere dan Efficiency&Productivity
Peningkatan Kualitas dan Produktivitas Kegiatan Penelitian dan Pengabdian
Masyarakat








6
Sub activity:
1.  Peningkatan kemampuan metodologi dan publikasi penelitian (nasional dan
     internasional)
2.  Peningkatan suasanan akademis dan budaya penelitian melalui pembentukan
     research group,revitalisasi lembaga penelitian, dan pengembangan basis data
     hasil penelitian berbasis internet
3.  Peningkatan kegiatan penelitian yang didanai melalui hibah kompetitif
4.  Peningkatan kegiatan pengabdian masyarakat yang terkait dengan manfaat dan
     aplikasi hasil penelitian

Ø  Activity 3
Isu Strategis Relevan : Relevancy
Peningkatan Link and Match dengan Dunia Industri
Sub Activity:
1.  Peningkatan kerja sama pengembangan dengan dunia industri
2.  Revitalisasi fungsi dan peran career centersebagai media komunikasi antara
     dunia industri dan civitas academica
3.  Pengembangan pusat layanan bisnis, yang ditujukan kepada pemerintah, industri,
     dan masyarakat





7
Contoh Lain
  Aktivitas Peningkatan Mutu Pendidikan
Aktivitas 1
Peningkatan Mutu Proses Belajar Mengajar berbantuan Teknologi Informasi
Sub Activity
(1) Peningkatan metodologi pengajaran untuk aspek teknologi pendidikan dan E-           learning
(2) Peningkatan peran dan kontribusi dosen sebagai content providerdalam sproses
pembelajaran berbasis internet
(3) Penguatan kepedulian dan sosialisasi PBM berbasis IT melalui pengembangan
content managementdan user education
(4) Peningkatan intensitas penggunaan fasilitas pembeljaran berbasis IT melalui
koordinasi dengan bagian monitoring dosen dan penjadwalan kuliah, dan
pendamping dosen tidak tetap
Aktivitas 2
Peningkatan Mutu dan Budaya Penelitian Dosen dan Mahasiswa
Sub Aktifitas
(1) Peningkatan kemampuan penelitian dan penulisan ilmiah
(2) Peningkatan partisipasi dosen dan mahasiswa dalam research group
(3) Pengembangan basis data/e-journal untuk hasil karya penelitian dan publikasi di
      tingkat Universitas
(4) Pengembangan sistem monitoring kegiatan penelitian dosen dan mahasiswa  


8

9
Contoh Komponen Biaya Yang Disyaratkan dalam Program/Proyek
Pengembangan Perpustakaan (maksimum 35%)
Komponen ini dapat digunakan untuk pengadaan bahan pustaka, perbaikan alat dan
furnitur serta pengadaan seperlunya alat bantu penyelenggaraan kegiatan pengelolaan
perpustakaan. Usulan harus disusun secara rinci lengkap dengan spesifikasi teknis.

Pengembangan Laboratorium (maksimum 55%)
Komponen ini diutamakan digunakan untuk pengadaan peralatan untuk mendukung
pengelolaan program dan sumberdaya laboratorium serta, perbaikan alat (repair) serta
pengadaan seperlunya alat bantu ajar. Usulan harus disusun secara rinci lengkap dengan spesifikasi teknis.
Manajemen penyelenggaraan program (maksimum 10%)
Penggunaan komponen ini mencakup seluruh gaji dan upah, serta biaya kesekretariatan pengelolaan program selama pelaksanaan hibah.











10

11

Budget penjualan adalah budget yang merencanakan secara lebih teliti dan rinci mengenai penjualan perusahaan selama periode yang akan datang, yang didalamnya meliputi rencana tentang jenis, jumlah, harga, waktu dan tempat penjualannya. (Munandar, 1987)

Alternatif Teknik Budgeting (Forecasting)
Penjualan Yang dapat digunakan
• Teknik Kualitatif (Non-statistik)
• Teknik Kuantitatif (Pendekatan Statistik)
– Least Square
– Quadratik
– Exponensial Smoothing
12
13



Tidak ada komentar:

Posting Komentar