Satu Business Partner diijinkan juga mempunyai hubungan
dengan Business Partner lain. Ini mengijinkan suatu Sales Order untuk
dikirimkan kepada suatu Business Partner yang pertama, dan tagihan
invoice kepada suatu Business Partner yang kedua Dan Pembayaran
dilakukan oleh Business Partner yang ketiga.
Workflow Setup Business Partner:
Seperti digambarkan pada Workflow, langkah langkah Setup Business Partner adalah sebagai berikut:
1. Membuat Business Partner Group
- Common Accounting
- For Reporting Purposes
2. Setup Greeting
- Untuk Business Partner & Contact
3. Menentukan Payment Term
- Untuk Sales Order dan Purchase Order
4. Menentukan Invoice Schedule
- Summary Invoices for Shipments
- Locations
- Ship – Invoice
- Pay From – Remit To
5. Menentukan Withholding,
- Quality, Tax (1099)
6. Menentukan Dunning
7. Menentukan Re9nue Recognition
8. Import Business Partner
9. Membuat / Update Business Partner
Bekerja dengan Business Partner:
- Business Partner
Business partner adalah informasi mengenai Business Partner.
- Customer
Informasi ini diperlukan bilamana jenis Business Partner adalah
pelanggan. Price List adalah fitur penting. Filter pelanggan terhadap
produk dapat dilakukan menggunakan Price List akan mengakibatkan harga
jual barang untuk setiap pelanggan dapat berubah-ubah. Untuk membuat
Business Partner menjadi pelanggan, check box sebaiknya dipilih.
- Vendor
Vendor adalah kebalikan dari Customer, informasi pelanggan diperlukan
bilamana jenis Business Partner adalah Suplier. Payment Term didalam
vendor adalah bersifat informasi, dengan termin yang disertakan
perusahaan dapat melacak setiap pembelian barang dan kapan jatuh tempo,
walaupun tentu saja didalam pembuatan Purchase Order, kita dapat merubah
termin Pembayaran. Untuk membuat bisnis partner menjadi vendor,
checkbox sebaiknya dipilih.
- Employee
Employee atau pegawai harus dipilih bilamana bisnis partner adalah
seorang pegawai perusahaan. Sebuah nama akan diperlukan untuk
mengidentifikasikan bahwa Business Partner ini adalah seorang pegawai.
- Bank Account
Setiap bisnis partner dapat memiliki rekening bank, informasi seperti
Credit Card diperlukan bilamana kita hendak mengimplementasikan modul
web dari Adempiere.
- Location
Location adalah lokasi dari bisnis partner, setiap bisnis partner
dapat memiliki lebih dari satu lokasi, pilihan ship-to-address,
pay-from-address, bill-to-address diperlukan untuk transaksi berikutnya
didalam modul pembelian dan penjualan.
- Contact Person
Contact Person adalah orang yang dapat dihubungi, tentu saja fitur
ini tidak diperlukan bilamana pegawai sendiri menjadi bisnis partner.
Setiap Business Partner dapat memiliki lebih dari satu contact person.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar