SCM (Supply Chain Management) adalah konsep atau mekanisme untuk
meningkatkan produktivitas total perusahaan dalam rantai suplai melalui
optimalisasi waktu, lokasi dan aliran kuantitas bahan.
Supply chain Management dapat didefinisikan sebagai sekumpulan
aktifitas (dalam bentuk entitas/fasilitas) yang terlibat dalam proses
transformasi dan distribusi barang mulai dari bahan baku paling awal
dari alam sampai produk jadi pada konsumen akhir. Menyimak dari definisi
ini, maka suatu supply chain terdiri dari perusahaan yang mengangkat
bahan baku dari bumi/alam, perusahaan yang mentransformasikan bahan baku
menjadi bahan setengah jadi atau komponen, supplier bahan-bahan
pendukung produk, perusahaan perakitan, distributor, dan retailer yang
menjual barang tersebut ke konsumen akhir. Dengan definisi ini tidak
jarang supply chain juga banyak diasosiasikan dengan suatu jaringan
value adding activities.
Keunggulan kompetitif dari SCM adalah bagaimana ia mampu me-manage
aliran barang atau produk dalam suatu rantai supply. Dengan kata lain,
model SCM mengaplikasikan bagaimana suatu jaringan kegiatan produksi dan
distribusi dari suatu perusahaan dapat bekerja bersama-sama untuk
memenuhi tuntutan konsumen.
About these ads
Tidak ada komentar:
Posting Komentar